Rabu, 16 Juni 2010

Promosi Efektif Lewat Forum

Mengapa berpromosi lewat forum diskusi? Forum diskusi merupakan media promosi yang sangat baik. Forum diskusi yang cukup ternama memiliki jutaan member, dan diperkirakan per harinya ada puluhan ribu yang online. Satu topik yang anda post, perharinya bisa dilihat oleh 200-1000 orang, bahkan lebih. Kita ambil jumlah minimal, misalkan dalam satu forum ada 200 orang yang tertarik dengan promosi anda, lalu mengunjungi blog anda. Itu merupakan sumber trafik lumayan untuk sebuah blog, terutama untuk blog dengan sumber penghasilan pay per views. Kalau satu forum saja sudah bisa menghasilkan 200 trafik (pengunjung) perharinya, bagaimana kalau anda bergabung dengan 5, 10, atau 15 forum? Dan bagaimana jika trafik ini selalu terjaga jumlahnya selama 1 minggu, 1 bulan, atau satu tahun? Tentunya ini akan sangat menguntungkan, apalagi posting dalam forum memiliki sifat "long lasting", tetap ada sampai berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun; tidak seperti iklan baris yang hanya bertahan beberapa hari, atau email yang langsung dihapus selesai dibaca.
Namun, berpromosi lewat forum juga merupakan salah satu promosi paling sulit. Banyaknya peraturan di forum, adanya moderator dan administrator harus membuat kita ekstra hati-hati agar kita tidak di cap sebagai "spammer". Belum lagi, kita harus berusaha merebut perhatian member ke thread kita di antara ribuan thread yang di post dalam forum. Oleh karena itu, diperlukan trik-trik khusus untuk berpromosi di forum dengan baik dan benar, serta efektif. Syarat utama agar promosi anda di forum berjalan dengan sukses adalah anda harus menjadi anggota forum yang baik.
Setelah kita menjadi anggota forum yang baik, marilah kita mulai berpromosi dengan trik-trik sebagai berikut :
1. Pilih Forum Yang Relevan Dengan Komoditas Yang Ingin Anda Promosikan
Maksudnya, jika anda memiliki blog dengan tema "Anime", promosikanlah di forum anime atau forum yang anggotanya banyak menyukai anime. Misalkan anda memiliki blog dengan tema "I Love Ahmad Dhani", jangan pernah mempromosikannya di forum fans klub Duo Maia, dijamin tidak akan ada yang mau berkunjung ke blog anda ^_^. Relevansi antara jenis forum dan komoditas yang akan anda promosikan sangat mempengaruhi jumlah pengunjung yang bisa anda tarik. Perhatikan pula strata anggota forum. Jangan mempromosikan blog dengan tema "Turbulensi Kebijakan Politik Amerika Pasca Perang Dingin" ke forum yang sebagian besar anggotanya terdiri dari anak-anak SMP.
2. Perhatikan Jumlah Anggota Forum, Trafik Perharinya, dan Jumlah Posting Perharinya
Promosi tentunya akan lebih efektif di tempat yang ramai. Semakin banyak orang yang melihat promosi anda, semakin besar pula kemungkinan anda menarik konsumen. Ini juga berlaku dalam promosi di dunia maya. Pilihlah situs yang ramai agar promosi anda dapat menarik lebih banyak konsumen.
Namun, promosi di situs yang kurang ramai juga memiliki keuntungan tersendiri, terutama untuk mencari referral atau downline. Di situs yang tidak begitu banyak terdapat member, persahabatan dan rasa saling percaya dapat lebih mudah terjalin. Asalkan anda rutin melakukan posting, para member akan cepat mengenal siapa anda. Nah, setelah tercipta rasa saling percaya inilah anda bisa mulai mencari referral. Gunakan fasilitas Personal Message (PM) untuk memperoleh tingkat keberhasilan yang lebih tinggi, karena PM hanya melibatkan dua orang, dan paling tidak, kemungkinan untuk mendapat respon jauh lebih tinggi dibanding posting di thread. Contoh PM : "alo kk/cc Paijo (selalu sebut nama. Ini penting agar yang dikontak merasa lebih diperhatikan), udah lama ya kita kenalan di forum ini, saya suka banget di forum ini karena bla.....bla...bla....(basa-basi, ini juga penting, biar kesannya ndak "nodong"). Oh iya, saya punya program afiliasi menarik di mana kita bisa bla...bla...bla....di link ini www.anu.anu/saya (Jelaskan program afiliasi yang ingin anda tawarkan dengan detil beserta keuntungan dan cara bergabungnya, serta link untuk menjadi referal anda). Gabung ya kk Paijo, pliss... (jangan lupa, minta dia untuk join, dengan nada sedikit memelas, kalau perlu mengemis, tapi jangan sekali-kali memaksa ^_^). Tolong PM saya dibalas ya, makasih (ini juga penting, biar anda bisa dapat kepastian apakah dia mau bergabung dengan program anda)". Mungkin memang ngetik PM nya rada panjang, tapi kalau mau dipakai buat PM ke member lain, tinggal copy-paste dan ganti namanya (he..he..he...). Ingat, cara ini hanya efektif kalau anda sudah benar2 akrab dengan "target" anda. Tapi misalkan anda bisa akrab dengan 10 orang, dan yang mau bergabung dengan program anda ada 5 orang. Dari 5 orang itu, ada 3 orang yang benar-benar serius dan tertarik untuk cari refferals (lebih dari satu), terus refferalnya itu juga tertarik cari refferal lagi, dst, dst, itu akan sangat menguntunkan buat anda. Tau-tau mungkin anda sudah mendapatkan banyak refferal.
3. Manfaatkanlah Signature
Masukkanlah program yang ingin anda promosikan ke dalam signature anda dengan sedikit kata-kata promosi. Bisa yang diungkapkan secara tersirat, misal : "Mau dapat uang lewat program sejenis friendster? kita bakal dibayar tiap ada orang liat profil kita lho! Signup aja di http://profile.yuwie.com/wiku" atau secara tidak tersirat : "Mau cepet kaya? kunjungi blog www.wikupedia.blogspot.com". Pilihlah kata-kata semenarik mungkin. Promosi dengan signature juga efektif karena anda tidak perlu membuat thread tiap kali mau promosi. Ingat, seiring dengan waktu, thread akan makin "tenggelam", tapi tidak dengan signature :D.
4. Etika! Etika! Etika!
Dalam berpromosi, perhatikanlah tata krama dan peraturan di blog itu. Kalau masih berstatus "newbie" atau baru bergabung, jangan langsung membuka thread baru untuk mempromosikan komoditas anda. Lebih baik, promosi dilakukan lewat signature dulu (dibahas pada poin 3), dan anda fokus untuk menjalin hubungan baik dengan anggota forum. Sekali lagi, JADILAH ANGGOTA FORUM YANG BAIK, maka promosi akan lancar. Kalau misalnya dalam suatu forum melarang anda untuk membuka thread untuk promosi link, jangan nekat. Promosi yang berlebihan pada suatu forum tanpa memperhatikan etika hanya akan berujung pada penghapusan account dengan alasan spam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar