Pasang Iklan Koran, KOMPAS, POSKOTA, WARTAKOTA dan KORAN SELURUH INDONESIA

Senin, 08 Maret 2010

membersihkan files mac

Cara mudah membersihkan files di mac

Lebih mudah dengan smart folder

Lebih mudah dengan smart folder

House keeping adalah proses yang dibutuhkan oleh siapapun, baik dalam rumah maupun di luar rumah, dalam dunia nyata kita membereskan beberapa perlaatan yang kita miliki, ini juga sama untuk di komputer kira harus melakukan proses housekeeping untuk memperkecil penggunaan kapasitas harddisk kita. Jika anda menggunakan Mac, untuk mengorganisir file sangatlah mudah khususnya jika kita ingin mengorganisir music/movie/TV show dan file file lainya.

Salah satu cara untuk menghapus file file anda jika harddisk anda mulai penuh adalah dengan menghapus file file yang berukuran besar dan memakan space pada Mac anda. Solusinya untuk ini adalah dengan menggunakan smart folder; dan cara penggunaanya pun sangat mudah di terapkan dari Finder. Dalam hal ini kita akan membuat smart folder yang akan bertugas untuk mencari file yang berukuran besar di dalam harddisk kita dengan mengikut langkah-langkah berikut ini:

  1. Bukalah Finder dan pilih File > New Smart Folder.
  2. Pada window yang aktif, pilih “Other” dari drop-down pertama (seleksi defaultnya adalah “Kind), lalu anda cari key word “size.” jika anda menginginkan agar ia tetap di dalam menu, pilhlah “In menu” check box. lalu klik OK setelah anda mengklik item “Size”.
  3. Pilih “is greater than” dari drop-down menu berikutnya.
  4. Ketikan ukuran filenya yang ingin anda cari didalam harddisk anda. (misalnya gunakan 1 GB).

Setelah selesai Finder akan mulai mencari semua file didalam Mac anda yang sesuai dengan deskripsi yang anda minta Jika anda selesai klik tombol “Save” di bagian atas kanan pada window Finder. Sekarang anda akan mengetahui jika anda ingin mengetahui file file yang berukuran besar didalam system anda, anda tinggal membuka smart folder yang anda buat, namun jika anda malas menggunakan tools sederhana ini anda dapat menggunakan tools khusus seperti GrandPerspective, WhatSize atau OmniDiskSweeper.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar