Rabu, 16 Juni 2010
Cara Daftar Di Search Engine
Halo kawan !!
Tak di sangkal bahwa tujuan utama dari membuat blog antara lain adalah agar tulisan-tulisan kita bisa di baca oleh orang lain atau pengunjung blog, semakin banyak yang berkunjung apalagi memberikan komentar pada apa yang kita posting tentunya akan membuat hati kita merasa senang dan bahagia. Akan tetapi tentunya tidak serta merta blog kita akan ramai di kunjungi, ini memerlukan usaha publikasi yang gencar dari pemilik blog apabila ingin banyak pengunjungnya.
Banyak cara yang bisa kita lakukan agar blog kita bisa dikenal dan di kunjungi, antara lain adalah dengan rajinnya kita blogwalking atau berkunjung ke blog milik orang lain, mendaftarkan ke berbagai agregator, dan yang paling efektif adalah melalui search engine atau mesin pencari.
Bagi blogger pemula mungkin berangggapan bahwa apabila kita membuat website atau blog akan secara otomatis terindeks atau berada pada list berbagai search engine,
dan kenyataannya tidaklah demikian. Seperti halnya sebuah sekolah, agar nama kita
terdaftar pada buku daftar siswa, tentunya kita harus melakukan pendaftaran terlebih
dahulu ke sekolah tersebut. Sama halnya dengan mesin pencari, agar blog kita terindeks pada mesin pencari, maka kita harus terlebih dahulu mendaftarkan blog milik kita pada situs pemilik mesin pencari.
Mesin pencari tentu jumlahnya sangat banyak sekali, dan pada saat ini yang paling terkenal di dunia adalah Google, Yahoo, serta Msn. Apabila blog kita ingin terindeks pada mesin pencari mereka, maka kewajiban kita adalah mendaftarkan URL blog kita pada mesin pencari mereka. Bila ada yang belum tahu ke manakah harus mendaftarkan blognya, maka silahkan simak tulisan berikut :
# Daftar Google
Untuk mendaftar ke google, silahkan sobat kunjungi http://www.google.com/addurl/, nah apabila sudah berada pada halaman pendaftaran ada beberapa langkah yang harus di lakukan, yaitu mengisi form yang di sediakan :
# URL –> Isi dengan URL blog sobat.
# Comments –> Isi dengan keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan blog sobat
# Isi kotak kosong dengan huruf Verifikasi yang tersedia
# Klik tombol Add URL
# Selesai.
Setelah sobat melakukan pendaftaran ke Google, maka tidak serta merta blog sobat terindeks pada mesin pencari nya, akan tetapi memerlukan 3 sampai 4 minggu baru blog sobat bisa terindeks. Jika sudah 3 sampai 4 minggu, maka cobalah ketik alamat blog sobat pada mesin pencari google, apakah sudah terindeks atau belum? jika belum, coba tunggu beberapa minggu lagi, dan tuliskan kembali alamat blog sobat, Jika ternyata masih belum juga, coba deh daftarin lagi blog nya ke google seperti langkah di atas. Atau mungkin sobat tidak sabar ingin cepat terindeks, sebenarnya bisa saja ini terjadi, hanya dalam 3 atau 4 hari saja blog sobat sudah bisa terindeks di google. Ingin tahu caranya? simak saja postingan berikutnya ya, mungkin satu dua hari ke depan artikelnya selesai saya buat.
# Daftar Yahoo!
Untuk mendaftar ke yahoo! silahkan sobat kunjungi https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit.
Akan tetapi untuk mendaftar ke yahoo, sobat harus terlebih dahulu mempunyai account yahoo, karena di perlukan log in terlebih dahulu ke account yahoo. Bagi yang belum punya account yahoo (email di yahoo) silahkan bikin dulu, bagi yang sudah punya, sobat tinggal login dengan username serta password sobat. Apabila sudah login, nanti sudah tersedia kolom untuk di isi, silahkan isi kolom tersebut dengan URL sobat, kemudian klik tombol Add URL, selesai. Jika ingin memasukan alamat feed sekalian, sobat bisa memasukannya. Ingat, alamat feed di blogger hanya tinggal menambahkan atom.xml di belakang uRL blog sobat, contoh : untuk blog saya ini mempunyai alamat feed sebagai berikut :
http://tips-ol.blogspot.com/atom.xml
atau memakai www pun sama saja :
http://www.tips-ol.blogspot.com/atom.xml
# Daftar ke Msn
Untuk daftar ke Msn, silahkan sobat kunjungi http://search.msn.com/docs/submit.aspx?FORM=WSDD2
silahkan sobat isi huruf verifikasi dan URL sobat pada kotak yang tersedia, kemudian klik tombol Submit URL, selesai.
Jika mau daftar search engine langsung banyak silahkan :
http://tips-ol.blogspot.com
Promosi Efektif Lewat Forum
Namun, berpromosi lewat forum juga merupakan salah satu promosi paling sulit. Banyaknya peraturan di forum, adanya moderator dan administrator harus membuat kita ekstra hati-hati agar kita tidak di cap sebagai "spammer". Belum lagi, kita harus berusaha merebut perhatian member ke thread kita di antara ribuan thread yang di post dalam forum. Oleh karena itu, diperlukan trik-trik khusus untuk berpromosi di forum dengan baik dan benar, serta efektif. Syarat utama agar promosi anda di forum berjalan dengan sukses adalah anda harus menjadi anggota forum yang baik.
Setelah kita menjadi anggota forum yang baik, marilah kita mulai berpromosi dengan trik-trik sebagai berikut :
1. Pilih Forum Yang Relevan Dengan Komoditas Yang Ingin Anda Promosikan
Maksudnya, jika anda memiliki blog dengan tema "Anime", promosikanlah di forum anime atau forum yang anggotanya banyak menyukai anime. Misalkan anda memiliki blog dengan tema "I Love Ahmad Dhani", jangan pernah mempromosikannya di forum fans klub Duo Maia, dijamin tidak akan ada yang mau berkunjung ke blog anda ^_^. Relevansi antara jenis forum dan komoditas yang akan anda promosikan sangat mempengaruhi jumlah pengunjung yang bisa anda tarik. Perhatikan pula strata anggota forum. Jangan mempromosikan blog dengan tema "Turbulensi Kebijakan Politik Amerika Pasca Perang Dingin" ke forum yang sebagian besar anggotanya terdiri dari anak-anak SMP.
2. Perhatikan Jumlah Anggota Forum, Trafik Perharinya, dan Jumlah Posting Perharinya
Promosi tentunya akan lebih efektif di tempat yang ramai. Semakin banyak orang yang melihat promosi anda, semakin besar pula kemungkinan anda menarik konsumen. Ini juga berlaku dalam promosi di dunia maya. Pilihlah situs yang ramai agar promosi anda dapat menarik lebih banyak konsumen.
Namun, promosi di situs yang kurang ramai juga memiliki keuntungan tersendiri, terutama untuk mencari referral atau downline. Di situs yang tidak begitu banyak terdapat member, persahabatan dan rasa saling percaya dapat lebih mudah terjalin. Asalkan anda rutin melakukan posting, para member akan cepat mengenal siapa anda. Nah, setelah tercipta rasa saling percaya inilah anda bisa mulai mencari referral. Gunakan fasilitas Personal Message (PM) untuk memperoleh tingkat keberhasilan yang lebih tinggi, karena PM hanya melibatkan dua orang, dan paling tidak, kemungkinan untuk mendapat respon jauh lebih tinggi dibanding posting di thread. Contoh PM : "alo kk/cc Paijo (selalu sebut nama. Ini penting agar yang dikontak merasa lebih diperhatikan), udah lama ya kita kenalan di forum ini, saya suka banget di forum ini karena bla.....bla...bla....(basa-basi, ini juga penting, biar kesannya ndak "nodong"). Oh iya, saya punya program afiliasi menarik di mana kita bisa bla...bla...bla....di link ini www.anu.anu/saya (Jelaskan program afiliasi yang ingin anda tawarkan dengan detil beserta keuntungan dan cara bergabungnya, serta link untuk menjadi referal anda). Gabung ya kk Paijo, pliss... (jangan lupa, minta dia untuk join, dengan nada sedikit memelas, kalau perlu mengemis, tapi jangan sekali-kali memaksa ^_^). Tolong PM saya dibalas ya, makasih (ini juga penting, biar anda bisa dapat kepastian apakah dia mau bergabung dengan program anda)". Mungkin memang ngetik PM nya rada panjang, tapi kalau mau dipakai buat PM ke member lain, tinggal copy-paste dan ganti namanya (he..he..he...). Ingat, cara ini hanya efektif kalau anda sudah benar2 akrab dengan "target" anda. Tapi misalkan anda bisa akrab dengan 10 orang, dan yang mau bergabung dengan program anda ada 5 orang. Dari 5 orang itu, ada 3 orang yang benar-benar serius dan tertarik untuk cari refferals (lebih dari satu), terus refferalnya itu juga tertarik cari refferal lagi, dst, dst, itu akan sangat menguntunkan buat anda. Tau-tau mungkin anda sudah mendapatkan banyak refferal.
3. Manfaatkanlah Signature
Masukkanlah program yang ingin anda promosikan ke dalam signature anda dengan sedikit kata-kata promosi. Bisa yang diungkapkan secara tersirat, misal : "Mau dapat uang lewat program sejenis friendster? kita bakal dibayar tiap ada orang liat profil kita lho! Signup aja di http://profile.yuwie.com/wiku" atau secara tidak tersirat : "Mau cepet kaya? kunjungi blog www.wikupedia.blogspot.com". Pilihlah kata-kata semenarik mungkin. Promosi dengan signature juga efektif karena anda tidak perlu membuat thread tiap kali mau promosi. Ingat, seiring dengan waktu, thread akan makin "tenggelam", tapi tidak dengan signature :D.
4. Etika! Etika! Etika!
Dalam berpromosi, perhatikanlah tata krama dan peraturan di blog itu. Kalau masih berstatus "newbie" atau baru bergabung, jangan langsung membuka thread baru untuk mempromosikan komoditas anda. Lebih baik, promosi dilakukan lewat signature dulu (dibahas pada poin 3), dan anda fokus untuk menjalin hubungan baik dengan anggota forum. Sekali lagi, JADILAH ANGGOTA FORUM YANG BAIK, maka promosi akan lancar. Kalau misalnya dalam suatu forum melarang anda untuk membuka thread untuk promosi link, jangan nekat. Promosi yang berlebihan pada suatu forum tanpa memperhatikan etika hanya akan berujung pada penghapusan account dengan alasan spam
Bisnis Cyber : Arena Bisnis Online Gratisan
Bisnis cyber : Promosi Web
Pendahuluan
Setiap yang berbisnis pastilah memerlukan yang namanya promosi, karena tanpa promosi produk yang akan dijual sebagus apapun atau meski lebih murah dari yang lain kalau orang lain tidak tahu siapa yang akan membelinya. Jika anda melihat / menonton TV pastilah di setiap acara ada jeda iklan. Nah iklan ini merupakan promosi dari suatu produk yang dipasarkan. Semakin tinggi rating acara tersebut semakin mahal tarif iklannya. Tapi kenapa produk yang sudah terkenal masih tetap diiklan terus?Itulah salah satu strategi marketing mereka, meski produknya sudah terkenal tapi iklan masih tetap jalan karena: Faktor Persaingan salah satunya. Kalau anda perhatikan untuk produk rokok berapa merk yang sering tampil di TV, untuk sepeda motor merapa produk yang sering tampil. Semuanya berlomba untuk mendapatkan peminat. Demikian pula di dunia internet, semua situs pastilah berlomba-lomba untuk mendapatkan pengunjung sebanyak mungkin. Maka dari itulah mereka tetap berpromosi meski sudah terkenal. Dan bentuk promosi ini bisa dibagi dua kategori yakni promosi secara offline dan online.
Promosi Offline
Anda tahu Yahoo atau Google? Siapa yang tidak kenal Yahoo, kecuali orang yang tidak pernah berinternet mungkin tidak kenal Yahoo. Tapi beberapa waktu lalu saya menyaksikan iklan Yahoo muncul di TV, padahal Yahoo sudah begitu terkenal. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa untuk memelihara popularitas memang diperlukan promosi. Masuk iklan di TV ini merupakan salah satu cara promosi offline. Selain di TV cara yang lain adalah di Radio, Media massa seperti koran, majalah, brosur, pamflet, spanduk, dll. Atau bisa juga di tempel di mobil umum seperti bis ataupun taxi. Malah saya pernah lihat satu mobil pribadi, di kaca belakangnya ada stiker situs pribadinya sendiri. Cara-cara tadi memang untuk berpromosi secara offline.Kenapa cara ini ditempuh:
- Karena tidak semua orang bisa mengakses internet, terutama di negara kita yang ratio jumlah pemakai internet dibanding populasi masih rendah.
- Untuk meningkatkan lagi popularitasnya dalam rangka mencapai peningkatan targetnya sendiri.
- Lebih menjangkau pangsa pasar segala aspek baik tingkatan usia maupun tingkatan kelas ekonomi.
Namun satu hal dari promosi offline ini, biayanya lebih mahal dari biaya promosi online. Coba anda bayangkan, berapa tarif iklan si TV swasta untuk prime time yakni jam tayang dari jam 18 sampai jam 21. Kalau tidak salah jutaan rupiah per 15 detik tayang. Jadi untuk 4 kali tampil saja bisa mencapai lebih dari 5juta. Berarti seminggu minimal butuh 35juta. Tapi kalau target penjualan tercapai berapapun mahalnya tarif iklan tidak menjadi persoalan lagi. Cara yang lebih murah memang ada tapi daya jangkaunya pasti lebih kecil lagi misalnya lewat brosur.
Promosi Online
Keunggulan sistem ini dibanding dengan cara Offline yaitu:
- Jangka waktunya yang relatif lebih lama, kalau sudah terindeks di mesin pencari, selama tidak dihapus/dibanned oleh mesin pencari maka alamat website anda akan tetap muncul. Bandingkan dengan di TV atau radio yang hanya beberapa menit, selebaran /koran yang kalau tidak disimpan maka sudah terlewat informasinya. Mungkin hanya spanduk yang bisa menyaingi cara ini.
- Selalu siap siap dalam 24jam, jam berapapun anda main internet lalu membuka suatu situs selama servernya baik dan tidak sedang update situs maka pastilah selalu siap untuk dibuka.
- Perubahan dapat segera dilakukan, misalnya ada produk baru yang ditampilkan di situs anda, maka kapanpun anda bisa menguploadnya selama servernya tidak bermasalah, tapi coba kalau di koran/majalah anda harus daftar dulu baru bisa ditampilkan pada edisi berikutnya. Demikian pula kalau brosur atau spanduk harus mesan dulu untuk membuatnya.
Promosi secara online ini memang banyak juga caranya misalnya:
Contoh yang menyediakan seperti ini adalah Google dengan Google Adword dan Overture. Kelebihannya dari pada promosi lewat mesin pencari secara gratis yaitu: pangsa pasar yang lebih terfokus.
Promosi lewat forum, tapi biasanya forum bisnis tertentu yang membolehkan anda promosi kalau tidak bisa dianggap spam. Lewat forum seperti ini, misalkan anda menulis suatu artikel tentang SEO atau marketing atau apalah, lalu dibagian bawah artikel ditulis nama anda dan situsnya lalu mempostingnya di forum. Maka saat orang lain membaca artikel tersebut mungkin si orang ini penasaran wah barangkali ada artikel lain yang juga menarik dan diapun akan berkunjung ke situs anda. Malah ada yang mengatakan salah satu cara agar terindeks secara cepat di Google, bikin artikel lalu memposting di sejumlah forum.
Promosi lewat email, namun jangan sekali-sekali mengirim email kepada seseorang yang tidak kamu kenal ataupun tidak mengharapkan dapat kiriman email dari anda. Karena cara seperti itu disebut Spam. Spammer atau orang yang melakukannya sangat dibenci semua pengguna internet. Bahkan anda dapat mengalami diblacklist oleh semua mesin pencari. Salah satu cara agar tidak dianggap spam adalah, setiap anda mengirim email kepada teman atau saudara ataupun rekanan, di bawah tandatangan anda tulis situs milik anda. Atau bisa juga dilakukan setiap membalas email yang datang. Cara lain adalah anda meminta setiap pengunjung anda untuk mendaftar sebagai anggota, dan setiap jangka waktu tertentu anda mengirim email kepada anggota anda tentang sesuatu yang baru di situs anda (cara seperti ini disebut Opt email).